FOTO KEGIATAN

PRAKTEK ELEMEN MESIN

Magelang, 24 Maret 2021 Taruna Tingkat II/Sersan Taruna Akademi Militer kelas D.13 berjumlah 22 orang melaksanakan praktikum Elemen Mesin, di Lab Mesin Depmipatek Akmil. Praktek pengelasan terhadap benda kerja merupakan salah satu implementasi penerapan materi elemen mesin yang bertujuan agar Taruna Prodi Teknik Mesin Pertahanan Akmil memiliki keterampilan di bidang Teknik Mesin.

  Mata kuliah Elemen Mesin adalah bagian dari komponen tunggal yang dipergunakan pada konstruksi mesin, dan setiap bagian mempunyai fungsi pemakaian yang khas. “Ujar Kapten Cpl Sukahar, S.T., M.T.”. Ia juga menjelaskan bahwa perencanaan elemen mesin, pada dasarnya merupakan perencanaan bagian (komponen), yang direncanakan dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan mekanisme dari suatu mesin.

 

MENGGAMBAR TEKNIK

Taruna Tingkat II/Sersan Taruna Akademi Militer kelas D.13 berjumlah 22 orang melaksanakan praktikum Menggambar Teknik bertempat di Lab. Gambar Teknik dengan Dosen Mayor Cpl Aryananta Lufti, S.T. Sebagai penanggung jawab kegiatan ini Kaprodi Teknik Mesin Pertahanan Kolonel Cpl Sabaruddin Samaila, S.E. Menegaskan kepada Taruna TK.II/Sertar agar senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh terhadap materi yang disampaikan oleh Dosen, guna dapat dijadikan referensi untuk menghadapi berbagai tantangan tugas pokok di satuan nya mendatang.

Gambar Teknik merupakan susunan visual terperinci tentang suatu desain atau produk yang dijadikan sarana komunikasi antara teknikus, arsitek, dan sebagainya. Selain digunakan untuk menyampaikan informasi, gambar teknik juga dapat digunakan sebagai penelitian konsep perencanaan dan dokumentasi desain suatu bangunan, mesin, dan sebagainya. Gambar teknik memiliki aturan yang baku tentang penggambaran ukuran, lambang-lambang, garis dsb. sehingga gambar tersebut dapat dibaca secara tepat oleh berbagai pihak yang terlibat.

 

PRAKTEK AERODINAMIKA & PROPULSI

Pelaksanaan praktikum mata pelajaran Aeorodinamika dan Propulsi Taruna TK.III/Sermadatar di Lab. Aeronautika AAU Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut di ikuti oleh kelas M.11 berjumlah 26 Taruna Prodi Teknik Mesin Pertahanan Akmil. Dosen yang terlibat mengajar diantaranya Ir. Bambang M.Eng selaku Dosen Utama Prodi Niksihnan Akmil, Mayor Tek M Abdul Ghofur, S.T., M.T. dan Mayor Tek Devi Hughes A, S.T. yang merupakan Dosen AAU Yogyakarta.

Dalam Kegiatan Belajar Mengajar adapun hasil pembelajaran yang dicapai sebagai berikut: Taruna dapat mengamati perbedaan gaya angkat di setiap sudut attact, Taruna dapat mengamati perbedaan aliran Laminer dan Turbulen pada setiap benda kerja yang diujikan, Taruna dapat membuat mapping grafik dari berbagai sudut serang dengan spesimen Aero Foil yang menghasilkan gaya angkat sampai stall, dan Taruna dapat mengerti cara kerja mesin Turbo Fan untuk Pesawat Bersayap, Turbo Jet untuk Pesawat Tempur, dan Turbo Shaft untuk Helicopter.

PRAKTEK MEKATRONIKA

Magelang, 28 April 2021 Taruna Tingkat II/Sersan Taruna Akademi Militer kelas D.13 berjumlah 22 orang melaksanakan praktikum Mekatronika, di Lab Otomotif Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta. Dalam pelaksanaan praktikum Taruna diberikan Trouble Shooting pada kendaran, dan harus mengatasi berbagai permasalahan yang dialami.

Praktikum Mekatronika bertujuan agar Taruna mampu menganalisa berbagai macam permasalahan yang mungkin terjadi pada suatu kendaraan yang akan diawaki oleh personel nya mendatang. Sebagai seorang pemimpin nantinya, mereka harus mampu menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan yang akan terjadi. Ujar Mayor Cpl Aryananta Lufti, S.T.